Skip to main content
Photo from unsplash: behnam-norouzi-IUnlR6XXseI-unsplash_lts5af

The 2022 Retrospective

Written on December 31, 2022 by Theodorus Clarence.

5 min read
––– views
Read in English

Introduction

Akhirnya sudah ada di akhir tahun lagi, dan menulis retrospective untuk tahun 2022. Dengan retrospective ini, aku bisa mengingat kembali seberapa banyak aku grow di tahun ini dan apa yang sudah kulakukan.

Back to Surabaya

Setelah hampir 3 semester penuh kuliah online, akhirnya anak-anak kampus bisa masuk kembali offline. Jujur, ini awalnya agak menakutkan karena udah agak lama ga balik merantau dan ke kampus lagi, tapi tetap exciting. Aku juga balik ke surabaya karena mempersiapkan untuk Apple Developer Academy yang akan mulai sekitar bulan Februari di tahun ini.

I Got Covid

Hore covid wkwkwkw. Iya, sekosan kena covid karena ya gabisa dikontrol namanya juga anak-anak kosan. Kita satu kosan kena covid, yang awalnya pada ga keluar kamar karena takut kena covid, ujung-ujungnya keluar semua dari kamar karena terlanjut covid semua jadi ga perlu takut. Untungnya kuliah waktu itu masih belum mulai jadi sakitnya bisa tenang.

Apple Developer Academy

Aku sangat bersyukur bisa dapet kesempatan untuk mengikuti Apple Developer Academy di Universitas Ciputra. Aslinya, aku dapat 2 tawaran untuk Apple Developer Academy yaitu di Binus Jakarta dan Ciputra Surabaya. Aku akhirnya ambil untuk yang di Surabaya karena dulu pada saat sekitar November 2021, sudah ada antisipasi kalau misalnya kuliahnya harus offline.

Sepertinya cerita Apple Developer Academy tidak akan rinci disini, aku kepikiran untuk nulis blog lagi khusus untuk Apple Developer Academy, tapi ada beberapa highlight yang menarik

New Device!

Setelah menggunakan laptop MacBook Air Early 2014 selama 8 tahun, akhirnya macbook-ku bisa pensiun juga dan digantikan dengan MacBook Pro M1 2020 🥳. Ini total upgrade dan bener” jauh kerasa speednya. Dan diakomodasiin juga dengan iPhone 13 dan Apple Watch 7 yang bikin ikut Apple menjadi semakin semangat

Link to Tweet

Hexcape

Hexcape adalah salah satu project yang aku develop pada saat mengikuti Apple Developer Academy. Final projectku ini adalah sebuah boardgames, karena selama proses ikut Academy, aku sering main board games bareng teman-teman setim. Kita memilih hal yang menurut kita menarik dan engage.

It's a long thread, Check it out

Ada penjelasan full project tentang Hexcape.

Overall, Apple Developer Academy sangat berkesan buatku dan aku dapet banyak ilmu dan portfolio yang menurutku sangat bisa dibanggakan dan punya "wow factor".

LhokUtang

Link to Tweet

Setelah dapet device yang kenceng, jiwa developerku memberontak dan terpikir untuk membuat sesuatu. Sebenarnya problem ini udah lumayan lama terjadi di kosku, yaitu ketika beli makanan, ada budaya 'nitip', jadi yang keluar beli 1/2 orang, makanannya 5 porsi. Tentunya, yang bayar duluan yang keluar beli. Karena ga ada yang nyatet, banyak banget yang lupa, dan kata” ini sering terdengar di lobby kosan: “weh utang gw berapa ya kemaren”, “lu blom bayar utang gw ya? berapa sih kemaren uda lupa”.

Jadilah LhokUtang, diambil dari nama kosanku yaitu 'Kos Lhoktuan'. Setelah pake aplikasi ini, kita bisa beli makannya gantian, dan akhirnya karena semua transaksi dicatet sama masing-masing penghuni kosan, jadi tidak mudah lupa.

Dari awal dibuat sampai waktu blog ini ditulis, 16 penghuni udah melakukan 1.442 transaksi yang terekam di database 🤯. Kudos ke anak-anak kos yang mau pake aplikasi ini.

Projects

Starter Repo

Starter yang dibuat tahun lalu, sudah semakin berkembang sekarang dan semakin banyak star! Sekarang ada 1.328 stargazers, dan angka itu adalah yang menambahkan motivasi untuk membuat starter repositorynya semakin bagus.

If you're interested in knowing more about my starter, I have a full blog post talking about it.

PPDB Sulawesi Selatan 2022

Di tahun ini, aku dapat kesempatan untuk nge-lead front-end di project PPDB Sulawesi Selatan. Aplikasi ini adalah aplikasi untuk mengakomodasi siswa yang ingin masuk ke SMA Negeri di Provinsi Sulawesi Selatan. Ini adalah project yang cukup besar dan tanggung jawabnya juga besar. Project ini pastinya bikin codinganku jadi semakin rapi dan aku menerapkan hal-hal yang sudah aku pelajari selama belajar, untuk menghasilkan code yang berkualitas, dan membimbing rekan-rekan developer sehingga bisa konsisten menulis code yang baik.

Sebagai bonus, aku juga dapet kesempatan untuk terbang langsung ke Makassar untuk kerja bareng di Dinas Pendidikan. Best partnya, tentunya kuliner!

ppdb-sulsel-team
makkasar-foods

kolesterol!

Tahun ini, aku merelease sebuah produk open source yang bisa digunakan orang banyak, yaitu Notiolink. Simplenya notiolink adalah sebuah link shortener yang menggunakan Next.js dan Notion API. Semuanya free dan bisa langsung dideploy. Aku pakai ini untuk personal shortenerku yaitu clarence.link

Learn more about Notiolink on this project page.

Blog

Tahun ini, karena ada Apple Developer Academy, aku ga gitu banyak nulis blog. Karena memang Academy memakan cukup banyak waktu dan energi, tapi blogku berkembang cukup jauh selama setahun ini. Here is the monthly statistic

blog-statistics-2022

Light Gaming

Highlight yang tidak disangka di tahun ini adalah: Main Game. Selama beberapa tahun terakhir aku sangat jarang main game, terutama game di laptop. Karena ya, laptopnya kentang. Tapi di tahun ini dengan adanya device baru dan teman baru dari Academy, aku mencoba main game dan sangat menyenangkan.

light-gaming-steam

What's next for 2023

Bukan retrospective kalo tidak ada resolusi 2023. Tahun depan akan jadi tahun dimana aku mulai melakukan skripsi dan lulus. Aku punya target untuk start research bagaimana cara remote working atau working abroad. Tentunya, sebelum itu menyelesaikan skripsinya dulu wkwkwkw.

Aku juga punya harapan untuk bisa membuat webinar lagi di tahun depan supaya bisa sharing ilmu dan pengalaman ke orang lain.

Tweet this article

Enjoying this post?

Don't miss out 😉. Get an email whenever I post, no spam.

Subscribe Now